Translate

Senin, 15 Juni 2015

Alaminya Air Terjun Banyu Langse

AIR TERJUN BANYU LANGSE

Pesona dan keindahan air terjun Banyu Langse belum banyak orang yang mengetahuinya. Air terjun Banyu Langse ini terdapat di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.
Banyu Langse ini merupakan wisata air terjun yang cukup indah dengan suasana dan pemandangan yang khas. Suasana dan pemandangan air terjun ini khas alam pedesaan dengan perbukitan kapurnya. Di sekeliling air terjun ini terdapat banyak pepohonan antara lain pohon jati, bambu, lontar, dan banyak lagi pohon lainnya. Pohon bambu ini mengelilingi air terjun, sehingga nampak lebih sejuk dan asri. Sedangkan, pohon siwalan juga banyak terdapat di daerah ini.
Di Banyu Langse ini terdapat tiga air terjun. Air terjun yang pertama berada pada tumpukan batu besar berbentuk bulat dengan dua batu di bagian bawah, sedangkan satu batu lagi terdapat di bagian atas. Bagian bawah air terjun ini kurang lebih memiliki kedalaman 5 meter.
Tak jauh dari air terjun yang pertama terdapat air terjun yang kedua. Air terjun ini berundak dengan batu-batu besarnya. Sedangkan air terjun yang ketiga ini lebih kecil di banding dengan air terjun yang pertama dan kedua. Air terjun ini masing-masing memiliki ketinggian sekitar 10 meter
Menurut warga sekitar, Banyu Langse ini  ramai pengunjung pada hari Minggu atau hari-hari libur lainnya. Pengunjung wisata yang masih perawan ini kebanyakan pasangan muda mudi yang menghabiskan waktu dan santai-santai untuk sekedar bersendau gurau. Selain itu, sering juga di lingkungan air terjun ini dimanfaatkan untuk kegiatan perkemahan, kegiatan pecinta alam, atau kegiatan lainya oleh para pelajar, 
‘’Terkadang ada juga yang foto pre wedding disini,’’ tutur Nova warga sekitar Banyu Langse.
Dia mengatakan, untuk menuju ke Banyu Langse ini akses jalannya cukup mudah karena jalannya telah berasapal. Dari Kota Tuban jaraknya hanya sekitar 6 KM. Ada banyak jalan untuk menuju ke tempat wisata ini. Dari  Jalan Dr Wahidin Sudirihusodo, perempatan masjid Al Falah arah Desa Sumurgung. Masuk melalui pertigaan dekat SMPN 4 Tuban. Selain itu bisa juga melalui perempatan komplek perumahan Semen Gresik Tuban.
“Tetapi, sayang jalur-jalur ini belum dilewati kendaraan umum. Jadi pengunjung yang akan ke air terjun ini harus menggunakan kendaraan pribadi,’’ ungkapnya.
Dia menambahkan, air terjun Banyu Langse ini akan menjadi tempat wisata yang menarik seandainya Pemerintah Daerah Tuban lebih memperhatikannya. Mungkin juga akan bisa mengangkat perekonomian masyarakat Desa Boto dan sekitarnya. ‘’Semoga saja keinginan masyarakat Desa Boto khususnya ini bisa didengar oleh pemerintah.












Babe And Cost Gaul
Crusing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar